Senin, 30 Desember 2013

Konser 5 Jan. '14: Piano Recital Aileen Gozali

Aula Simfonia Jakarta akan mengadakan pementasan spesial berupa piano recital dari Sdri. Aileen Gozali. Aileen saat ini merupakan murid pada Cleveland Institute of Music, US di bawah arahan Antonio Pompa-Baldi. Ia memulai pementasan piano solo pada usia 12 tahun. Saat ini ia berusia 19 tahun. Ia pernah memenangkan sejumlah kompetisi nasional dan internasional. Antara lain First Prize dalam kategori terbuka pada Young Pianist Competition, Singapore; the Encouragement Award dalam the 8th International Chopin Piano Competition in Asia (Japan); Silver Prize dalam 3rd ASEAN International Chopin Piano Competition (Junior High School Categor) di Kuala Lumpur. Ia juga memperoleh juara ketiga pada IIYM (2010) International Piano Competition, Kansas, US.

Ia akan memainkan beberapa lagu antara lain:

Pertama, Brahms Variation on a Theme of Paganini (Book 1 & 2). Mengenai Brahms pernah dipublikasikan dalam blog ini pada bagian sebelumnya. Karya ini merupakan karya piano yang digubah oleh Brahms pada tahun 1863 berdasarkan pada karya "Caprice No. 24 in A minor" gubahan Niccolo Paganini. Karya ini dikenal karena kedalaman emosional dan tantangan teknik yang sangat tinggi. David Dubal menggambarkan karya ini sebagai "sebuah legenda dalam literatur piano" dan dianggap sebagai salah satu karya yang amat sulit dalam literatur piano (source: wikipedia).

Kedua, Beethoven Sonata No. 30. Mengenai Beethoven pernah dipublikasikan dalam blog ini pada bagian sebelumnya. Komposisi ini digubah sekitar tahun 1820. Komposisi piano ini merupakan bentuk Sonata yakni komposisi yang terdiri dari beberapa gerakan yang dimainkan oleh satu atau dua alat musik. Sonata ini menyapu pendengar dengan karakter musik yang intim dan dramatis. Karya ini juga menampilkan keindahan melodis dan harmonis. Sonata ini terdiri dari 3 gerakan dan pada gerakan ketiga, terdiri dari 6 variasi (source: wikipedia).

Karya lain yang turut dipentaskan adalah Bach Prelude and Fugue No. 9; Schubert Impromptu No. 3 dan Scriabin Sonata No. 4. Silahkan menghubungi Aula Simfonia Jakarta untuk ticketing.